Tuesday, December 6, 2011

lahar dingin di magelang

 Banjir Lahar Dingin di Magelang Rusak Perkebunan Salak

MAGELANG--MICOM: Ribuan batang tanaman salak di wilayah Magelang, Jawa Tengah rusa akibaat diterjang banjir lahar dingin Gunung Merapi. Tanaman salak itu terdapat bagian hulu sungai yang baru mulai bersemi pasca terkena abu erupsi gunung itu.

Tanaman salak yang rusak antara lain berada di Desa Kamongan dan Kemiren, Kecamatan Srumbung. Lahan pertanian salak di dua desa ini hanyut tergerus dan tertimbun material pasir dan batu.

"Banjir lahar dingin di Sungai Bebeng menerjang lahan pertanian tanaman salak seluas dua hektare dimana terdapat lima ribuan batang tanaman hingga hancur. Kondisi tanaman sudah tidak bisa diselamatkan lagi," kata Kepala Dusun Nganggrung, Desa Kamongan, Nurudin Hidayat, Senin (5/12).

Kaur Keuangan Desa Kamongan Juwari menambahkan sebelumnya penahan banjir dam jebol. Kondisi dam juga penuh oleh material. Karenanya  saat banjir lahar material pasir dan bebatuan melimpas menimbun tanaman salak.

"Dam belum diperbaiki kerusakannya meski sudah terjadi sejak awal-awal terjadi banjir lahar dingin. Saat banjir lahar baru-baru ini, lahan salak kembali kena lahar sehingga makin memperparah kerusakan," ujarnya. (TS/OL-04)

No comments:

Post a Comment